Upayakan Materi Terserap, Kwarcab Kota Magelang Gelar KML di Alam Terbuka

Berita | DAERAH | PENDIDIKAN
Para pesrta KML tracking ke Punthuk Setumbu. (foto: Iwan SJ)

MAGELANG JATENG, Suara Jelata Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Magelang menggelar Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) untuk Golongan Siaga dan Golongan Penggalang tahun 2023. Kegiatan Kepramukaan ini diikuti para Pembina Pramuka SD IT Ihsanul Fikri Kota Magelang, dan mengambil lokasi alam terbuka di wilayah Borobudur Kabupaten Magelang.

KML ini digelar selama 6 hari yaitu pada tanggal 22-23 Desember 2022 dilanjutkan tanggal 6-7 Januari 2023, dan tanggal 14-15 Januari 2023. Adapun kegiatan dipilih lokasi di wilayah Borobudur Kabupaten Magelang yaitu sebagai di Kebun Buah Pendopo Tengah Deso sebagai Bumi Perkemahan, serta di Gubug Kopi Borobudur, Punthuk Setumbu, dan Balkondes Karangrejo.

Peserta belajar menggoreng kopi dalam kegiatan outing ke Gubug Kopi Borobudur. (foto: Iwan SJ)

Pemimpin Kursus (Pinsus) KML, Susilowati, S.Pd, S.Kom menjelaskan peserta seluruhnya terdiri dari 45 Pembina Pramuka, terdiri dari Golongan Siaga 17 orang dan Golongan Penggalang 28 orang.

“Pemateri dan narasumber menghadirkan Kak Ahmad Istajib, S.Pd dari Kwarda Jawa Tengah dan dari Tim Pelatih Tidar Giri Kwarcab Kota Magelang,” jelasnya saat acara Api Unggun, Sabtu (14/01/2023) malam.

Susilowati mengungkapkan seperti arahan Kepala Pusdiklatcab Tidar Giri Kwarcab Kota Magelang, pihaknya melaksanakan KML dengan pola 70 Jam Pertemuan (JP) sesuai Kurikulum dalam KML. Agar selaras dengan aktivitas Kepramukaan, kegiatan dikemas di alam terbuka.

Kegiatan Api Unggun Malam Gembira peserta KML, Sabtu (14/01/2025). (foto: Iwan SJ)

“Tujuan mengambil lokasi kursus di alam terbuka ini agar materi dapat terserap penuh oleh peserta kursus. Namun dengan suasana gembira, senang dan menyatu dengan alam. Sehingga para peserta tidak tegang, menimba ilmu sambil bersenang-senang. Seperti kegiatan outing ke perajin kopi, tracking ke Puthuk Setumbu, dan praktik membina di alam terbuka, dan kegiatan lainnya,” ungkap Susilowati.

Kegiatan Api Unggun sebagai salah satu agenda kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Kwarcab Kota Magelang Hamzah Kholifi, S.Sos, M.Si, Anggota DPRD Kota Magelang, Arifin. Hadir pula Ketua Yayasan SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang Rafi, Kapusdiklatcab Heriyono, M.Pd, Wakapusdiklatcab sekaligus Pemimpin Kursus KML Susilowati, S.Pd, S.Kom, serta Tim Pelatih Tidar Giri yang bertugas sebagai Pelatih dalam KML. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.