Perkuat Program Rutin UKS Tahun 2023, Puskesmas Grabag 1 Gelar Koordinasi Lintas Sektor

Berita | DAERAH | Lifestyle | PENDIDIKAN
kepala Puskesmas Grabag 1 drg. Rury Suryani memberikan paparan tentang Program Rutin UKS/M, Kamis (13/07/2023). (foto: Iwan)

MAGELANG JATENG, Suara Jelata Puskesmas Grabag 1 Kabupaten Magelang melaksanakan Pertemuan Penguatan Program Rutin UKS/M lintas sektor (Linsek) di Aula Puskesmas Grabag 1, Kamis (13/07/2023). Pertemuan ini merupakan upaya dan komitmen Puskesmas dalam mewujudkan pelaksanaan program sekaligus berjalannya Program UKS/M di 58 institusi pendidikan wilayah kerja Puskesmas Grabag 1.

Pertemuan Linsek diikuti sebanyak 58 kepala sekolah dan guru pembina UKS tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA di wilayah kerja Puskesmas Grabag 1. Kegiatan dihadiri Kapolsek Grabag, Danramil Grabag, Kasi Kesra Kecamatan Grabag dan Korwil Disdikbud Kecamatan Grabag.

(foto: Iwan SJ)

Kepala Puskesmas Grabag 1 drg. Rury Suryani menyampaikan bahwa Puskesmas Grabag 1 menjadi instansi kesehatan terdekat dengan sekolah/madrasah. Maka dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan kesehatan di sekolah/madrasah, sebelumnya perlu dilakukan koordinasi dan sosialisasi.

“Dengan maksud saling mendukung antara sekolah dengan Puskesmas. Sehingga kerja sama tersebut menjadi prioritas dalam melaksanakan program pemeriksaan kesehatan bagi siswa,” ujar drg. Rury.

Pelayanan kesehatan yang rencananya akan dilaksanakan di 58 sekolah/madrasah di wilayah kerja Puskesmas Grabag 1 dengan sasaran siswa, guru dan karyawan. Meliputi pemeriksaan kesehatan umum (termasuk pemeriksaan gigi dan mulut), pemeriksaan kesehatan jiwa, skrining deteksi dini PTM (Penyakit Tidak Menular) dengan sasaran usia 15 tahun ke atas.

Peserta pertemuan lintas sektor Puskesmas Grabag 1. (foto: Iwan SJ)

“Kemudian juga pelayanan promosi kesehatan melalui penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), bahaya penyalahgunaan NAPZA, dan tentang kesehatan reproduksi. Selain itu juga dilaksanakan pendataan strata PHBS, pendataan strata UKS dan inspeksi kesehatan lingkungan,” lanjut drg. Rury.

Kepala Puskesmas Grabag 1 mengatakan, Program UKS/M adalah upaya terpadu lintas program dan lintas sektoral dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan di kalangan generasi penerus bangsa.

“Sesuai dengan trias UKS, harapannya sekolah/madrasah dapat menerapkan upaya pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan hidup,” pungkas drg. Rury Suryani.

Di tempat yang sama, Kasi Kesra Kecamatan Grabag Dwi Ani menyampaikan bahwa kegiatan lintas sektor (linsek) ini diharapkan terus meningkatkan peran serta lintas sektor di Kecamatan Grabag untuk peduli dengan bidang kesehatan, terutama untuk warga sekolah.

Kapolsek Grabag AKP Slamet Mulyanto, S.H, M.M. menyampaikan pula bahwa pentingnya untuk melibatkan TNI-Polri dalam pelaksanaan kegiatan UKS/M terutama terkait dengan pencegahan kenakalan remaja dan penyalahgunaan NAPZA.

Sementara Danramil Grabag Kapten Kav Sriyanto mengatakan pembinaan karakter remaja hendaknya sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Terutama terkait dengan permasalahan kenakalan remaja seperti penyalahgunaan NAPZA.

“Selain itu sinergitas dalam pembinaan generasi muda perlu diperkuat. Misalnya pembinaan masalah kedisiplinan oleh Koramil Grabag. Untuk sanksi-sanksi hukum dapat dilaksanakan oleh Polsek Grabag, dan pembinaan lainnya,” ujar Kapten Kav Sriyanto. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.