Pimpin Gelar Opsnal, Kapolda Jateng Intensifkan Koordinasi Dalam Pengamanan Pemilu 2024

Berita | DAERAH | POLITIK | Polri
GELAR OPSNAL. Kapolda Jateng, Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi, S.St.Mk, S.H., memimpin Gelar Operasional Semester 1 Tahun 2023 Jajaran Polda Jateng, di Paramount Grand Ballroom Hotel Atria, Kota Magelang, Senin (11/09/2023). (foto: Bidhumas Polda Jateng/Narwan)

KOTA MAGELANG JATENG, Suara Jelata Kapolda Jateng, Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi, S.St.Mk, S.H., memimpin Gelar Operasional Semester 1 Tahun 2023 Jajaran Polda Jateng. Kegiatan bertempat di Paramount Grand Ballroom Hotel Atria, Kota Magelang, Senin (11/09/2023).

Kegiatan ini diikuti Pejabat Utama (PJU) Polda Jateng serta seluruh Kapolres dan Kepala Satuan (Kasat) di lingkungan Polres jajaran Polda Jateng.

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam sambutannya, Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi, menekankan pentingnya kesiapan personel Polda Jateng dalam mengamankan situasi menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang semakin mendekat. Kapolda memberi arahan mengenai strategi pengamanan, penanganan potensi kerawanan, serta pentingnya sinergitas antara kepolisian dan instansi lain dalam mengamankan Pemilu.

“Gelar Opsnal ini untuk melakukan evaluasi kinerja jajaran Polda jateng termasuk menyelaraskan rencana kegiatan yang akan datang dengan mengikutsertakan stakeholder terkait, seperti KPU maupun Bawaslu,” ujarnya.

Dalam acara gelar operasional itu, Kapolda Jateng juga mengapresiasi Polres dengan kinerja terbaik maupun peringatan kepada Polres yang kinerjanya belum maksimal.

Kapolda menambahkan pihaknya juga telah membentuk Satgas Siber untuk melakukan Patroli di dunia maya untuk mengantisipasi pemberitaan yang bersifat hoax. Disebutnya, anggota Satgas Siber terus memantau aktivitas dunia maya menjelang tahun politik gelaran Pemilu 2024.

Adapun anggota Satgas Siber, terang Kapolda, berasal dari sejumlah fungsi antara Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) dan Humas Polda Jateng dengan kegiatan Virtual Police.

“Satgas Cyber Crime disiagakan untuk mengantisipasi penyebaran berita bohong di dunia maya yang dapat memperkeruh suasana di tengah masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Muhammad Amin menjelaskan beberapa wilayah di 7 Kabupaten/Kota  yang mempunyai Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) tinggi. Tinggi rendahnya level IKP pada setiap daerah, menjadi tanggung jawab bersama, guna meningkatkan kewaspadaan dalam mengawal dan menyukseskan pemilu dan pemilihan serentak 2024.

“Upaya Bawaslu yang saat ini kita lakukan dengan cara sosialisasi kepada masyarakat dan meningkatkan kerjasama antar-stakeholder terkait secara berjenjang. Yaitu dalam  ikut mengawal dan menyukseskan pemilu dan pemilihan umum serentak 2024,” pungkasnya. (Nar)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.