Mengenal Manfaat Buah dan Daun Dewandaru untuk Kesehatan

Lifestyle | Opini
Buah dan daun Dewandaru. (foto: Narwan)

Suara Jelata Di Indonesia, tanaman Dewandaru (Eugenia uniflora) banyak ditemui di Pulau Jawa dan Sumatra. Tanaman berkayu ini tingginya bisa lebih dari 5 meter memiliki daun berbentuk lonjong dan runcing dengan panjang 5 cm dan lebarnya sekitar 4 cm.

Bunganya berwarna putih kecil, dan buahnya berbentuk bulat berukuran 1,5 cm dan memiliki ruas menyerupai bunga. Warna buahnya merah, oranye, kuning, dan hijau dengan biji keras, kecil, dan berwarna cokelat tua.

Pohon dewandaru yang juga sering disebut Ceremai Belanda atau Asam Selong ini sudah lama dikenal sebagai bahan obat alternatif, terutama untuk bagian buah dan daunnya. Dari beberapa literatur disebutkan buah dan daun dewandaru memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, khususnya bagi kaum lanjut usia. Buah masak berwarna merah mirip buah ceri ini ternyata memiliki khasiat yang baik untuk tubuh secara menyeluruh jika rutin dikonsumsi.

Kemudian apa saja kandungan di dalam buah dewandaru, sehingga disebut banyak manfaatnya untuk kesehatan?

Disadur dari dream.co.id, buah dewandaru mengandung: Karbohidrat (12,96 g), Kalori (57 Kkal), Protein (1,38 g), Air (157 g), Lemak (0,69 g), Niasin (0,338 mg), Magnesium (21 mg), Kalsium (16 mg), Sodium (5 mg), Kalium (1.094 IU), Besi (0,35 mg), Fosfor (19 mg). serta mengandung Vitamin C (178 mg), Vitamin B1 (0,052 mg), Vitamin B2 (0,069 mg), Vitamin B3 (0,519 mg), Vitamin A (2.595 IU), Kaempferol (0,7 mg), Myricetin (5,8 mg), dan Quersetin (10 mg).

Buah dewandaru yang sudah masak berwarna merah dan mirip buah ceri ini ternyata memiliki khasiat yang baik untuk tubuh secara menyeluruh jika rutin dikonsumsi. Berikut beberapa manfaat buah dan daun dewandaru untuk kesehatan.

  1. Mengurangi Insomnia

Insomnia merupakan gangguan tidur yang sangat mengganggu waktu istirahat. Apabila Anda mengalami masalah insomnia, coba untuk mengambil manfaat dari buah dewandaru. Buah dewandaru bisa memperbaiki pola tidur yang berantakan. Selain itu bisa membantu mengatasi insomnia.

Kandungan melatonin di dalam buah dewandaru berperan mengatur siklus tidur dan bangun seseorang. Alhasil mengonsumsi buah dewandaru secara teratur dapat meningkatkan kualitas tidur.

  1. Mengurangi Kolesterol

Buah dan daun dewandaru memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah dewandaru ternyata bisa membantu mengurangi kadar kolesterol.

Sebab, ekstrak buahnya memiliki kandungan antosianin, flavonoid, dan polifenol yang berperan mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam darah.

  1. Mencegah Risiko Stroke dan Jantung

Kandungan antioksidan seperti likopen, beta-cryptoxanthin, gamma-carotene dan rubixanthin di dalam buah dewandaru berfungsi melawan radikal bebas. Selain itu juga mencegah risiko berbagai penyakit berbahaya, di antaranya stroke dan sakit jantung.

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Buah dewandaru bisa dijadikan makanan sehat yang mencegah kanker. Kandungan antioksidan di dalamnya membantu melawan radikal bebas pemicu kanker. Sementara itu vitamin C yang terkandung di dalamnya juga sangat membantu dalam mengurangi kemungkinan kanker.

Studi menunjukkan, asupan vitamin C secara teratur membantu mengurangi kemungkinan paru-paru, tenggorokan, mulut, rektum, kerongkongan, pita suara dan kanker perut.

  1. Mengatasi Hipertensi atau Darah Tinggi

Manfaat daun dewandaru dipercaya bisa mengatasi hipertensi atau darah tinggi. Gejala dari hipertensi ini ada banyak, seperti jantung, ginjal, hingga stroke.

Ekstrak daun dewandaru memiliki khasiat untuk mengatasi hipertensi ini. Sebab, daunnya memiliki kandungan senyawa fitonutrien, yaitu sebagai antioksidan seperti flavonoid, saponin, dan tanin. Kandungan tersebutlah yang bisa memperlebar aliran pembuluh darah untuk menstabilkan tekanan darah.

Tidak hanya memperlebar aliran pembuluh darah, tiga kandungan tersebut juga memperlambat aktivitas senyawa angiotensin II atau senyawa yang bisa menyempitkan pembuluh darah. Sehingga memicu hormon peninggi tekanan darah.

  1. Mengatasi Diare

Manfaat daun dewandaru untuk kesehatan tubuh selanjutnya ini juga bisa mengatasi diare. Kandungan fitonutrien pada daun dewandaru bisa membunuh bakteri penyebab diare, yaitu Bacillus Cereus, Salmonella Typhi, Staphylococcus Aureus, dan Pseudomonas Aeruginosa. Namun, sifat anti bakteri ini baru hanya penelitian laboratorium dan masih butuh analisis lebih lanjut.

  1. Mengatasi Rematik

Manfaat daun dewandaru berikutnya ini bisa mengatasi juga permasalahan rematik atau radang pada sendi, yang menimbulkan rasa nyeri dan kaku. Daunnya memiliki anti radang alami karena adanya kandungan flavonoid tadi.

  1. Mengatasi Demam

Masih berkaitan dengan kandungan flavonoid dalam buah dewandaru yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, tepatnya bisa mengatasi demam. Kandungan itu bisa menghambat senyawa siklooksigenase dan lipoksigenase pada tubuh. Sebab, dua senyawa itu adalah penanda peradangan yang memicu demam.

  1. Meningkatkan Fungsi Paru-Paru

Buah dewandaru bagus untuk meningkatkan fungsi paru-paru Sehingga akan mencegah paru-paru tertular penyakit atau infeksi tertentu. Kandungan zat anti-inflamasi di dalamnya berperan penting dalam mengobati peradangan pada paru-paru.

Buah ini juga membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan dapat membantu mengobati penyakit paru obstruktif kronis. Bagi Anda yang punya masalah pada paru-paru, tidak ada salahnya mengonsumsi buah dewandaru secara rutin.

  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Mengonsumsi buah dewandaru bisa menjadi satu di antara solusi untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Buah dewandaru berperan sebagai zat yang membantu mengeringkan sekresi untuk pengobatan diare dan penyakit pencernaan lain.

Tak hanya itu, buah dewandaru bersifat antiseptik dan astringen yang bisa mengatasi gangguan pencernaan jika rutin dikonsumsi. Bahkan kulit batang dari tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk pengobatan kesehatan saluran pencernaan.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah dewandaru bisa menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin C dan vitamin A bagus untuk mata. Vitamin C yang tinggi pada buah ini dapat meningkatkan pasokan darah ke area mata. Mengonsumsi buah dewandaru dapat mencegah risiko gangguan mata seperti katarak.

  1. Menjaga Kekebalan Tubuh

Manfaat buah dewandaru selanjutnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya bermanfaat melawan infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga Anda terhindar dari berbagai risiko penyakit akibat infeksi bakteri maupun virus.

  1. Baik untuk Kesehatan Kulit

Manfaat buah dewandaru juga diyakini bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan di dalamnya berfungsi memperlambat tanda penuaan. Vitamin A dalam buah dewandaru dapat mengurangi keriput dan memperlancar aliran darah menuju permukaan kulit, juga mampu mengurangi produksi sebum yang berlebihan dan mengurangi jerawat.

Demikian 13 (tiga belas) manfaat buah dan daun dewandaru untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca, terutama sebagai pengetahuan dalam menjaga kesehatan tubuh, mencegah atau mengatasi penyakit tertentu. Namun demikian, sebaiknya jangan mengandalkan daun dan buah dewandaru sebagai satu-satunya obat. (Nar)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.