Peduli Desa, UNASMAN Adakan Seminar Pembangunan Desa di Kecamatan Luyo

  • Whatsapp

POLEWALI MANDAR, Suara Jelata— Untuk meningkatkan peran Perguruan Tinggi dalam bidang Pengabdian Masyarakat, Universitas Al Asyriah Mandar (UNASMAN) menggelar Seminar Pembangunan Desa di sejumlah Kecamatan di Kabupaten Polman.

Salah satunya berlangsung di Kecamatan Luyo, dengan mengangkat tema Pengembangan Kewirausahaan melalui Seminar Inovasi Desa Berbasis Lingkungan dan Local Wisdom. Sabtu, (31/08/2019).

Baca Juga

Rektor Unasman, Dr. Hj. Chuduriah Sahabuddin, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai salah satu wujud dari komitmen UNASMAN dalam bidang pengabdian masyarakat. UNASMAN memiliki kepedulian terhadap pembangunan desa.

“Kami juga ingin menawarkan kerjasama, bermitra dengan Pemerintah Kecamatan Luyo, terkait sejumlah item dalam pembangunan desa, terutama dalam hal pengembangan kewirausahaan dan BUMDes,” ungkap Rektor yang ramah dan energik ini.

Kepala Biro AUKU menambahkan, dalam kerjasama itu nantinya, UNASMAN dapat menjadi Laboratorium atau incubator yang mendidik dan melatih secara terprogram tenaga-tenaga khusus dari berbagai desa yang siap dalam menjalankan tata kelola BUMDes serta Inovasi Desa.

Narasumber, Muhammad Ichsan Welly, menekankan perlunya kerja-kerja yang sinergis antara Kades, BPD, dan BUMDes, mendorong pioner ekonomi desa.

“Inovasi perlu sentuhan teknologi serta perlakuan adil terhadap lingkungan. Yang paling mendasar perlu dilakuan adalah identifikasi dan pendataan masalah, serta potensi yang dapat dikembangkan” unjarnya.

Sementara itu, Asrul Ambas selaku Camat Luyo sangat merespon tawaran kerjasama tersebut. Ia mengatakan bahwa dalam konteks Luyo, yang paling dapat diandalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah holtikultura. Asrul mendesak program penanaman 1000 pohon serei dan kelor.

Hadir dalam kesempatan itu, Camat Luyo, H. Asrul Ambas. SP, M.Si, Rektor Unasman Dr. Hj. Chuduriah Sahabuddin, M.Si, Karo UAKU Unasman Solihin Azis, Narasumber Muhammad Ichsan Welly, Kades, PBD, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda se Kecamatann Luyo.

Wawan

Loading...
loading...
  • Whatsapp

Berita Lainnya