Menanam Perjuangan Rasulullah SAW di Tahun Baru Islam

  • Whatsapp

OPINI, Suara Jelata—Tak terasa waktu terus berjalan hingga kini telah memasuki tahun baru 1 Muharram 1441 hijriah ketika kita menengok sejarah Islam.

Selain itu, penentuan 1 Muharram diambil dari tahun hijrah Rasulullah SAW dari Mekah ke Medinah.

Baca Juga

Peristiwa itu merupakan hal bersejarah bagi umat Islam karena proses hijrah Rasulullah SAW mampu mengubah tatanan masyarakat dari kejahiliyaan menuju cahaya keislaman.

Hal ini merupakan suatu hal penting bagi umat islam namun pada kenyataannya terkadang kita tidak menyadarinya karena kurangnnya kesadaran tentang Islam.

Selain itu, kelender yang digunakan khususnya di Indonesia adalah kelender masehi. Sebagian besar generasi muda/anak-anak tidak mengetahui bulan-bulan hijriah.

Padahal mayoritas penduduk Indonesia menganut agama Islam. Hal ini yang menjadi pertanyaan besar.

Seharusnya kita memperingati tahun baru ini untuk menghadirkan dalam diri perjuangan Rasulullah SAW dalam memperjuangkan Islam.

Seiring dengan pergantian tahun baru hijriah, maka usia kita juga semakin berkurang, kesempatan berbuat kebaikan semakin berkurang.

Hal ini menjadi renungan pada tanggal 1 Muharram agar ke depannya mampu memaksimalkan sisa waktu atau kesempatan yang diberikan untuk melakukan hal positif.

Melalui momentum tahun baru Islam ini, marilah kita intropeksi diri, tanyakan pada diri sendiri bahwa apakah kita sudah mempersiapkan bekal yang akan dibawa untuk melanjutkan perjalanan menuju kehidupan yang kekal?

Apakah kita mampu mempertanggungjawabkan segala perbuatan di hadapan Allah SWT,
jika iya maka pertahankan dan berusahalah untuk terus meningkatkan amalan-amalan shalih.

Jika jawabanya tidak maka berusahalah untuk hijrah ke arah yang lebih baik karena kematian tidak akan menunggu tobat kita.

Seharusnya kita harus menyambut tahun baru hijriah dengan banyak melakukan amalan-amalan,  muhasabah diri,  banyak istigfar, mempererat tali silaturahim dengan harapan semoga bisa menjadi manusia lebih baik dari tahun sebelumnya.

Di awal tahun ini, marilah kita membuat target-target yang seiring perjalanan kita ke alam yang kekal dengan membuat sebuah perencanaan yang smart, baik dunia maupun urusan akhirat, baik untuk diri sendiri maupun untuk kemajuan bangsa kita bangsa Indonesia.

Jangan biarkan tahun baru islam ini berlalu begitu saja tanpa ada perubahan positif yang signifikan karena satu detik berlalu akan menjadi masa lalu yang tidak mungkin kembali.

Sebagai generasi muda bangsa, mari kita terus melakukan sebuah inovasi yang dapat bermanfaat untuk kehidupan pribadi, masyarakat,  bangsa yang lebih baik dan tidak terlepas dari ajaran Islam.

Penulis: Irmayanti, S. Pd, M. Pd, salah satu dosen di IAIM Sinjai.

Loading...
loading...
  • Whatsapp

Berita Lainnya