Dosen IAIM Sinjai Presentasikan Penelitiannya di Webinar Hari Pendidikan Nasional

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata— Salah satu dosen Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai, Hasmiati, M.Pd.I., sukses mempresentasikan paper penelitiannya pada webinar nasional dan prosiding dengan tema “Isu Kontemporer Pembelajaran Daring dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik”. Selasa, (04/05/2021).

Diketahui, dalam kegiatan ini, dilakukan dalam rangka hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2021 lalu dan Dies Natalis STKIP Setia Budhi Rangkasbitung ke-18 Tahun.

Bacaan Lainnya

Hasmiati, saat coba dikonfirmasi media ini mengatakan bahwa paper yang di presentasikannya merupakan hasil penelitian HIBAH yang didanai oleh kampus IAIM Sinjai, sementara judul penelitian yang diambilnya adalah “Karakter Disiplin Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring”.

Dirinya menceritakan, sejak keluarnya surat edaran rektor IAIM Sinjai untuk mencegah dan menekan penyebaran Covid-19, pembelajaran daring merupakan langkah yang tepat untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sehingga kata Mia, sapaan akrabnya, mahasiswa dan tenaga pendidik harus belajar beradaptasi dengan penggunaan media dan teknologi yang mendukung pembelajaran daring.

“Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang karakter disiplin dan faktor-faktor penghambat karakter disiplin mahasiswa dalam pembelajaran daring di IAIM Sinjai, faktor yang menghambat karakter disiplin mahasiswa dalam pembelajaran daring yaitu kurangnya kesadaran mahasiswa” bebernya.

Tidak sampai disitu, Ketua Prodi PGMI ini juga mengatakan belum maksimalnya kinerja dosen penasihat akademik, dosen belum maksimal dalam memberikan keteladanan, dan lemahnya sanksi/hukuman di lingkup kampus IAIM Sinjai menghambat karakter disiplin mahasiswa.

“Dalam proses pembelajaran daring tidak hanya transformasi knowledge tapi transformasi value, itulah tantangan di pembelajaran daring di era pandemi sekarang” terang Hasmiati.

Terpisah, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIM Sinjai, Sudirman P. mengaku sangat mengapresiasi atas capaian yang ditorehkan salah satu dosen terbaik IAIM Sinjai, Hasmiati.

“Kedepannya kita akan selalu mendorong para Dosen dan membuka jaringan dalam hal publikasi artikel hasil penelitian sebagai aktualisasi dari Catur Darma Perguruan Tinggi” tutup Sudirman P.

Penulis: Fatahillah
Editor: Aisyah
  • Whatsapp
loading...