Soal Batas Wilayah, Sinjai dan Bulukumba Masih Saling Klaim

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata— Batas wilayah pemerintahan Kabupaten Sinjai dengan Kabupaten yang lain semuanya aman tidak mempunyai masalah, kecuali batas wilayah Sinjai sebelah Timur dalam hal ini perbatasan dengan Kabupaten Bulukumba belum ada kesepakatan.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Drs. Akbar, setelah mengikuti rapat virtual dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Administrasi Kewilayahan berkaitan dengan rapat koordinasi dan evaluasi batas kabupaten, di Kantor Bupati Sinjai. Jumat, (07/05/2021).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, Sinjai berbatasan sebelah barat dengan Gowa, sebelah utara dengan Bone, sebelah selatan dengan Bantaeng, tidak ada masalah.

“Sinjai tidak ada masalah dengan batas wilayah Gowa, Bone, dan Bantaeng. Kecuali Sinjai berbatasan sebelah Timur dengan Bulukumba itu belum ada kesepakatan,” terang Akbar.

Ia menjelaskan, hal itu terjadi karena Bulukumba menggangap batas wilayah Sinjai ini, sebagai wilayah Bulukumba.

“Padahal, Sinjai berdasarkan peta rupa bumi, batas alam sungai dianggap, wilayah yang diklaim oleh Bulukumba pada dasarnya adalah wilayah Sinjai,” ujarnya.

Sampai saat ini kata Akbar, pihaknya masih berpedoman dengan peta rupa bumi.

“Peta tersebut bukan Sinjai yang buat, melainkan dibuat berdasarkan petunjuk pemerintah pusat terkait batas-batas wilayah secara alami, nyata di lapangan dengan batas sungai besar sedangkan Bulukumba hanya batas sungai kecil,” tuturnya.

Adapun lanjut Akbar, langkah yang ditempuh Pemda Sinjai ke depan adalah tetap menyediakan waktu untuk bertemu dengan pihak Bulukumba, membahas batas wilayah tersebut.

“Bulukumba adalah saudara kita, harapannya mudah-mudahan ada kesepakatan, yang tidak melahirkan suatu hal yang berbeda pendapat,” kuncinya.

loading...