Nelayan di Sinjai ‘Dimanja’, Bupati ASA Beri Perhatian Khusus

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata—Nelayan di Kabupaten Sinjai merasakan betul perhatian dari Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Sinjai Andi Seto Gadista Asapa. Kamis, (16/9/2021).

Setiap tahunnya, bantuan mengalir kepada mereka utamanya dalam perlengkapan alat tangkap ikan yang dirasakan sangat membantu dalam mata pencahariannya.

Bacaan Lainnya

Seperti yang diutarakan salah satu kelompok nelayan di Pulau Sembilan, Ketua Kelompok Nelayan Pantai Timur sekaligus Ketua Forum Kelompok Nelayan Sinjai, Marzuki Deng Sibali mengucapkan rasa syukurnya.

Adapun, bantuan yang didapatkan beberapa waktu lalu kelompoknya berupa jaring, dan beberapa nelayan lainnya juga mendapatkan sampan fiber.

“Dengan bantuan ini tentunya dapat meningkatkan usaha kami, bantuan yang diberikan ini tepat sesuai kelompok saya, ini memang sesuai dengan kebutuhan masyarakat nelayan, makasih bapak Bupati,” bebernya.

Tahun ini, Nelayan di Kabupaten Sinjai kembali menerima bantuan langsung dari Bupati ASA beberapa waktu lalu.

Hal ini sesuai dengan program sektor kelautan dan perikanan, dalam pemberian bantuan paket sarana prasarana melalui APBD tahun 2021.

Kadis Perikanan Sinjai, Haris Achmad mengatakan, pemberian bantuan sarana dan prasarana sektor kelautan dan perikanan merupakan program prioritas Pemkab Sinjai.

Beberapa waktu lalu kata Haris Ahmad ada 32 Kelompok Nelayan Usaha Bersama (KUB) dari 7 kecamatan yang menerima program prioritas Bupati ASA.

Bantuan yang diserahkan adalah paket pengadaan sarana prasarana pemberdayaan usaha pembudidaya ikan skala kecil berupa benih ikan lele 75.000 ekor, benih ikan nila 80.500 ekor, pakan ikan 17,3 ton.

Kemudian pakan udang 4 ton, pakan bandeng 2,88 ton, pupuk urea dan SP 800 kg, dan mesin pompa 8 unit.

Untuk paket pengadaan alat bantu penangkapan ikan berupa fish finder 5 unit, lampu air garam 5 unit, navigasi nelayan (marlin) 5 unit, dan life jacket 5 unit.

Selanjutnya paket pengadaan kapal penangkapan ikan berupa sampan fiber 8 unit, jaring 48 pcs, dan life jacket 16 unit.

Sementara itu, Bupati ASA berharap bantuan alat tangkap ikan maupun bantuan perikanan lainnya yang diberikan kepada nelayan dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Ini adalah wujud kepedulian kita agar mereka bisa lebih sejahtera lagi, Inshaa Allah kita tahun depan kita berupaya semua kelompok nelayan di sinjai bisa mendapat bantuan alat tangkap ikan melalui APBD Kabupaten Sinjai “, kuncinya.

loading...