Sermadatar Zurhan Buktikan Tugas Akhir Taruna Akmil Tidak Ada Kendala

MAGELANG JATENG, Suara Jelata – Seperti di perguruan tinggi lainnya Tugas Akhir (TA) menjadi syarat utama bagi setiap Taruna Akademi Militer (Akmil). Sebuah syarat utama yang banyak dianggap momok bagi mahasiswa untuk meraih kelulusan, namun tidak demikian bagi Sermadatar Zurhan Alisagaf.

Bagi Zurhan, TA dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar, tanpa kendala yang dialaminya. Hal itu diungkapkan dalam YouTube penhumasakmil, Rabu (09/03/2022). Dalam kanal itu Sermadatar Zuhran memberikan pengakuan dan menyebut bahwa tak ada kendala berarti dalam menuntaskan TA.

Dalam video itu, tampak tayangan perbincangan santai dan hangat antara Dosen Muda Akmil Letkol A. Taufik dengan sosok Taruna Sermadatar Zuhran Alisagaf.

“Salah satu syarat dari seorang Taruna agar menjadi Perwira atau Sarjana itu maka dituntut untuk membuat suatu tulisan. Apa yang diketahui tentang TA?” tanya Letkol Taufik.

Dengan tegas Sermadatar Zuhran menjawab pertanyaan sang senior. Ia menuturkan soal konsep TA yang diketahuinya hingga saat ini.

“TA itu sendiri merupakan suatu karya ilmiah yang dibuat oleh Taruna-Taruni Akmil untuk menjadi persyaratan utama,” terangnya.

Seperti Taruna lainnya, diakui Sermadatar Zuhran, dia pun harus menerjang berbagai tantangan. Untuk menyelesaikan TA, salah satu hal penting menurut Letkol Taufik ialah waktu, namun hal itu bukan masalah bagi Zurhan.

“Mau tak mau, sosok Taruna harus mau berjuang menyelesaikan tugas akhir meski memiliki waktu singkat. Kalau waktunya cukup atau tidak cukup, yang namanya Taruna Militer harus cukup,” katanya.

Pengakuan Sermadatar Zuhran membuat kagum Sang Dosen, dan Letkol Taufik lantas melontarkan pertanyaannya kembali. Hal itu tak jauh dari kendala yang dirasakan Sang Taruna. Lagi-lagi, Letkol Taufik kagum, sebab tak ada kendala yang berarti bagi Sermadatar Zuhran.

“Jadi kendala itu sendiri mungkin hanya di waktu saja. Tapi kendala itu bukan menjadi alasan kita untuk menjadi terlambat untuk menyelesaikan TA,” jelas Sermadatar Zuhran dengan tegas.

Jawaban Sermadatar Zurhan bukan mengada-ada. Pasalnya, dia memang sudah membuktikan bahwa Tugas Akhir Taruna Akmil dapat dituntaskannya tanpa mengalami kendala yang berarti. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.