Gelar Festival Budaya, Cara SDIT Nurul Fikri Makassar Kenalkan Ragam Indonesia

Makassar, Suara Jelata—Negara Kesatuan Indonesia Republik Indonesia memiliki keanekaragaman budaya dan kekayaan bahasa yang sangat banyak, dengan kekhasan yang berbeda satu sama lain.

Untuk memperkenalkan keanekaragaman budaya dan kekayaan bahasa itu, SDIT Nurul Fikri Makassar menggelar kegiatan festival budaya.

Kegiatan yang dikhususkan kepada siswa Level Rendah SDIT Nurul Fikri Makassar digelar sebagai acara puncak yang rutin dilaksanakan setiap semester.

Festival budaya tersebut digelar di Gedung A Aula Sakinah Lantai 3 sekolah SIT Nurul Fikri Makassar selama Satu hari yaitu sejak Rabu hingga Jumat (25-27/5/2022).

Ketua panitia, Ustadz Khaerullah mengatakan, pada gelaran festival budaya itu, seluruh siswa yang terdiri dari 119 anak itu melakukan karnaval dengan mengenakan pakaian tradisional dan berkeliling di lingkungan sekolah.

Dikatakannya, ada yang mengenakan pakaian adat Bugis Makassar, Minang, Padang, Jawa, Toraja, Mandar, Minangkabau, hingga baju adat Papua.

“Kami bahagia melihat antusias seluruh siswa ini. Dengan adanya kegiatan ini, mereka bisa lebih mengenal banyak jenis baju adat dari berbagai daerah,” katanya dalam siaran persnya, Rabu-Jumat 25-27 Mei 2022

Pada kegiatan yang mengusung tema “Aku Anak Indonesia Cinta Budaya Nusantara” itu, juga digelar berbagai lomba, mulai dari lomba bakiak, menyusun gelas, menjepit balon, hingga menyanyikan lagu tradisional.

Sementara Kepala Sekolah SDIT Nurul Fikri Makassar Ustadza Istha Herlitha mengatakan bahwa dalam kegiatan ini orang tua siswa juga ikut dilibatkan.

“Mereka membantu mempersiapkan pakaian ananda dan turut menunjukkan antusiasnya saat mendampingi anaknya pada kegiatan karnaval,” ujarnya

Ia menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk mengenalkan sejak dini kepada siswa tentang budaya Indonesia yang beragam.

Sehingga ke depannya, mereka bisa memahami bahwa banyak sekali perbedaan khusunya di Indonesia yang justru karena perbedaan itulah yang bisa menjadikan semuanya terlihat indah.

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.

Penulis: Fajar