Polres Blitar Kota Berikan Pembekalan Personal Pengamanan TPS

Berita | DAERAH | Pemilu | Polri | TNI
Polres Blitar Kota Polda Jatim memberikan pembekalan kepada petugas pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024, Minggu (11/02/2024). (foto: Humas/Iman)

KOTA BLITAR JATIM, Suara Jelata Polres Blitar Kota Polda Jatim memberikan pembekalan kepada anggotanya yang akan ditugaskan dalam pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pemilu 2024, Minggu (11/02/2024). Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Kota Blitar, bertempat di Gedung Patriatama, Mapolres Blitar Kota.

Pembekalan diikuti sebanyak 279 anggota pengamanan TPS. Pembekalan ini bertujuan membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengamankan jalannya pemungutan suara di 1.577 TPS.

TPS-TPS tersebut tersebar di wilayah hukum Polres Blitar Kota, meliputi 3 kecamatan di Kota Blitar dan 6 kecamatan di Kabupaten Blitar. Para petugas akan melakukan pengamanan sebelum hingga sesudah proses pemungutan suara.

Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo P.S. menekankan pentingnya profesionalisme dan netralitas para petugas dalam menjalankan tugasnya. Karena itu, ia meminta seluruh personel yang hadiR memperhatikan dengan seksama materi pembekalan.

“Jangan sampai pada saat pelaksanaan terjadi peristiwa yang disebabkan karena ketidaktahuan petugas,” tegasnya.

AKBP Danang juga meminta mereka memastikan tidak ada hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam memberikan hak pilihnya. Pengamanan TPS di wilayah hukum Polres Blitar Kota akan dibantu 60 personel kepolisian dari Polda Jatim.

Kegiatan pembekalan ini menghadirkan narasumber dari KPU Kota Blitar dan Bawaslu Kota Blitar. Materinya berupa tata cara pengamanan TPS, termasuk simulasi penanganan situasi genting.

Para peserta pembekalan juga mendapatkan pengarahan tentang hak dan kewajiban mereka selama bertugas di TPS.

Danang menegaskan bahwa Polres Blitar Kota berkomitmen untuk bersinergi dengan KPU dan Bawaslu dalam menciptakan suasana pemilu yang aman, damai, dan kondusif. AKBP Danang juga mengingatkan seluruh personel yang ditugaskan untuk pengamanan TPS telah mendapatkan hak uang saku dan perlengkapan yang memadai. Ia meminta mereka menggunakannya dengan baik dan penuh tanggung jawab.

Kegiatan pembekalan ini dihadiri oleh Wakapolres Blitar Kota Kompol I Gede Suartika, Divisi Hukum dan SDM KPU Kota Blitar Edi Saputra, Anggota HP2H Bawaslu Kota Blitar Sarwi Suci. Serta hadir, pejabat utama Polres Blitar Kota,dan jajaran Polsek di wilayah Polres Blitar Kota. (Iman)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.