Inilah Letda Rafi, Peraih Adhi Makayasa 2022 dari Akademi Militer

Suara Jelata, Pada Kamis (14/07/2022) dilaksanakan Upacara Pelantikan Perwira TNI-Polri di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Upacara ini diikuti seluruh lulusan Akmil, AAU, AAL, Akpol.

Setelah itu dibacakan mengenai Surat Keputusan Presiden (Keppres) terkait Pengangkatan Perwira TNI-Polri. Dalam Keppres itu dibacakan penerima Adhi Makayasa dari keempat instansi tersebut.

Masing-masing, Rafi Naufal Afriansyah sebagai Adhi Makaysa dari Akademi Militer, Elang Tri Esthi Fitrananda sebagai Adhi Makayasa Akademi Angkatan Laut. Kemudian Jeremia Zophie Pramudya sebagai Adhi Makayasa Akademi Angkatan Udara, dan Adira Rizky Nugroho sebagai Adhi Makayasa Akademi Kepolisian (Akpol).

Atas prestasi yang dicapainya, Letda Rafi Naufal Afriansyah mengaku bangga menjadi taruna peraih Adhi Makayasa 2022 dari Akademi Militer (Akmil). Tak hanya itu, lebih membanggakan lagi Letda Rafi bisa membawa orang tua datang ke acara pelantikan Perwira TNI-Polri oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana.

“Alhamdulillah saya sangat bangga tahun ini bisa meraih penghargaan Adhi Makayasa, alhamdulillah bisa membanggakan kedua orang tua saya. Bahkan bisa membawa kedua orang tua saya ke Istana Negara,” kata Rafi di Mabes AD, seperti dilansir dari detiknews, Kamis (14/07/2022).

Dijelaskan Letda Rafi, aspek yang membuatnya meraih Adhi Makayasa, di antaranya keunggulan dalam pengetahuan, keterampilan, kepribadian, dan jasmani.

“Ada tiga aspek, yang pertama Tanggap, yaitu pengetahuan dan keterampilan, kemudian Tanggon, yaitu kepribadian dan sikap perilaku, terakhir Trengginas, yaitu jasmani atau kemampuan fisik. Jadi dari ketiga aspek itu ditotal yang paling tinggi dari tingkat satu sampai tingkat empat mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa,” jelas Letda Rafi.

Perwira kelahiran Yogyakarta, 19 Mei 2000, itu bangga bisa meraih prestasi ini, terlebih latar belakang keluarganya yang bukan dari kalangan militer. Rafi mengungkapkan menjadi anggota TNI merupakan keinginan sendiri.

“Keinginan saya sendiri dan pasti selalu di-support oleh orang tua. Saya bukan dari keluarga militer. Jadi baru saya yang menjadi militer di keluarga besar saya,” ujarnya bangga.

Sebagai lulusan Akademi Militer, dan telah dilantik sebagai Perwira TNI berpangkat Letnan Dua, Rafi menegaskan dirinya siap berdinas di mana saja. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.