Berikut, Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Tetap Higienis dan Awet

  • Whatsapp

OPINI, Suara Jelata—Idul Adha memberi banyak manfaat bagi umat muslim, baik secara spiritual maupun secara jasmaniah.

Secara jasmaniyah antara lain dengan adanya pembagian daging kurban dari warga muslim di sekitar kita.

Bacaan Lainnya

Semakin banyak hewan kurban yang disembelih, semakin banyak pula daging yang dibagikan, dan satu keluarga terkadang mendapatkan banyak daging hewan kurban.

Daging kurban baik itu daging sapi atau kambing yang kita terima dari panitia kurban kadang melebihi takaran masak untuk satu keluarga dalam satu hari.

Sehingga ada daging yang harus disimpan untuk dimasak pada hari berikutnya. Kemudian bagaimana cara menyimpan daging kurban yang mudah dilakukan namun tetap sehat dikonsumsi? Berikut, simak tips menyimpan daging kurban agar tetap higienis dan awet.

Pertama, yang harus kita lakukan sebelum menyimpan dagimg kurban adalah mencucinya hingga bersih menggunakan air mengalir. Hal ini untuk menimimalkan paparan bakteri pada daging.

Namun perlu diingat, ketika akan mencuci daging kurban sebelum disimpan, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun di air mengalir terlebih dahulu. Ini penting, karena bakteri di tangan kita bisa saja dapat berpindah dan menetap di daging.

Kedua, daging yang sudah dicuci bersih dipotong-potong sesuai kebutuhan atau selera ukuran konsumsi.

Kemudian tempatkan pada wadah bersih, seperti wadah makanan (food container) berlabel food grade dalam keadaan kering. Bisa juga menggunakan plastik baru yang cukup untuk mengemas sekali masak.

Ketiga, daging kurban yang sudah dimasukkan dalam wadah atau plastik, masukkan dalam lemari pembeku (freezer).

Pada tahap ini, perlu diperhatikan suhu freezer yang disarankan adalah minus 17 derajat Celsius. Karena dengan suhu serendah ini, daging akan bertahan lebih lama, kira-kira bisa sampai 6 bulan.

Namun apabila kita akan mengolahnya dalam dua atau tiga hari ke depan, sebaiknya daging kurban disimpan di lemari pendingin saja.

Sementara daging yang disimpan di salam freezer bisa bertahan hingga 6 bulan ke depan.

Itulah tips sederhana menyimpan daging kurban yang bisa kita lakukan. Menyimpan daging kurban sangat perlu diperhatikan, hal itu guna menjaga agar kualitas daging tetap terjaga.

Ingat, dengan penyimpanan secara benar, daging tidak akan mudah dijangkiti bakteri dan nutrisi dalam daging tetap terjaga. Selamat mempraktikkan.

Penulis: Iwan
Editor: Izhar
  • Whatsapp
loading...