SD Negeri 3 Kota Ternate Gelar Perayaan Natal Tahun 2023

Sambutan Kakan Kemenag Kota Ternate, Drs. H. Amir Tomagola, S.H, M.M. (foto: Ateng)

KOTA TERNATE MALUT, Suara Jelata Perayaan Natal tahun 2023 oleh SD Negeri 3 Kota Ternate berlangsung Minggu (10/12/2023) sore mengambil tempat di halaman sekolah tersebut. Perayaan Natal yang mengusung tema besar ”Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi” tersebut berlangsung khidmat, tertib, lancar dan aman.

Dari tema tersebut kemudian dijabarkan sub tema, “Damai Sejahtera Natal Menjadikan Siswa yang Berakhlak, Unggul Dalam Prestasi, Berbinekaan Global dan Cinta Lingkungan”.

Hadir pada perayaan tersebut, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Ternate, Drs. H. Amir Tomagola, S.H., M.M. dan Pimpinan Gereja-Gereja se-Kota Ternate. Diikuti pula oleh Kepala SD Negeri 3 Kota Ternate, Neni Febriayanti Karim, S.Pd, M.Pd, Dewan Guru, orangtua Siswa dan siswa-siswi sekolah tersebut.

Perayaan Natal yang dijaga ketat oleh aparat Polres Ternate tersebut, setelah sesi pembukaan acara, ditampilkan suguhan acara yang dikolaborasi dalam ibadah. Kemudian Spontanitas Natal dan Tarian Lilin yang diperagakan oleh siswa-siswi Kristiani SD Negeri 3.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakan Kemenag) Kota Ternate, Drs. H. Amir Tomagola, S.H., M.M., ketika diwawancarai awak media ini, mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara tersebut dengan sukses. Apresiasi diberikan kepada Kepala Sekolah, Guru PAK (Pendidikan Agama Kristen) dan seluruh Panitia serta orangtua siswa.

Menurut Amir, Pendidikan Agama menjadi penting bagi setiap peserta didik. Oleh karena itu, semua guru agama perlu meningkatkan kompetensinya dan mampu memberi contoh teladan yang baik untuk anak didiknya.

Menurut Amir, pendidikan yang universal itu bukan menjadi tanggung jawab guru semata. Orangtua peserta didik juga memiliki domain khusus dalam hal mendidik anak.

“Mengutip pesan Alkitab Kristiani yang termaktub dalam surat Amsal Pasal 10 ayat 1, pada surat tersebut menjadi entry point terkait tanggung jawab orang tua terhadap anak. Saya berharap Guru PAI dan PAK mampu menanamkan nilai-nilai agama kepada siswa-siswi, apalagi dalam menghadapi tantangan global saat ini,” tukasnya.

Atas nama Keluarga Besar Kantor Kementrian Agama Kota Ternate, Amir tak lupa mengucapkan selamat natal kepada seluruh umat Kristiani di Kota Ternate. Semoga jalinan kebersamaan, persaudaraan dan kekeluargaan tetap terjaga.

“Ini menjadi modal penting bagi keberlangsungan kehidupan masyarakat Kota Ternate yang pluralis dan serba majemuk,” pungkasnya.

Guru Pendidikan Agama Kristen SD Negeri 3 Kota Ternate, Vanny M. Taihattu, S.Th. (foto: Ateng)

Sementara itu, Guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti SD Negeri 3 Kota Ternate, Vanny M. Taihattu, S.Th kepada awak media ini menyebutkan, selain Perayaan Natal yang merupakan program Guru Pendidikan Agama Kristen, program lainnya adalah Ibadah Anak Kreatif.

Program Ibadah Anak Kreatif adalah program yang berlangsung sebulan sekali. Program ini dilaksanakan dengan berkolaborasi dengan dukungan dari gereja-gereja yang ada di Kota Ternate. Gereja-gereja tersebut diundang saat pelaksanaan ibadah.

Ketua Panitia Perayaan Natal SD Negeri 3 Kota Ternate, Bebrina Muman, S.Kep, mengungkapkan, sebelum dilangsungkannya perayaan ini, telah dibentuk Panitia yang dikukuhkan melalui Surat Keputusan (SK) Kepala SD Negeri 3 Kota Ternate.

“Pembentukan panitia itu sejak Agustus 2023. Dalam interval waktu kurang lebih 3 bulan, Panitia yang berjumlah 25 orang itu telah melakukan berbagai terobosan untuk penggalangan dana demi terselenggaranya perayaan Natal 2023  di sekolah ini,” tutur Bebrina.

Diketahui di Tahun 2023, jumlah siswa Kristiani di SD Negeri 3 Kota Ternate sebanyak 67 siswa dari mayoritas siswa beragama muslim. Perayaan Natal 2023 adalah perayaan perdana yang dilangsungkan di SD Negeri 3 Kota Ternate setelah kurun waktu 40 tahun lebih berdirinya sekolah tersebut.

Bebrina berharap, dengan terselenggaranya perayaan Natal ini, bisa memberi nilai manfaat terutama dalam merawat bangunan, toleransi antarsesama umat beragama di Kota Ternate. (Ateng)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.