Polresta Magelang Kawal Kegiatan Tipitaka Chanting & Asalha Mahapuja 2567 BE Tahun 2023

Berita | Nasional | News | Polri

MAGELANG JATENG, Suara Jelata Puncak rangkaian kegiatan Indonesia Tipitaka Chanting & Asalha Mahapuja (Pembacaan Tipika dan Puja bhakti Agung Asadha) 2567 BE/2023 hari ini, Minggu (23/07/2023) sore. Kegiatan pengamanan pun sudah berlangsung 3 hari sejak Jumat (21/07/2023) di Kawasan Candi Mendut, Pawon dan Borobudur.

Kapolresta Magelang Polda Jawa Tengah Kombes Pol Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., menjelaskan bahwa di puncak kegiatan hari ini Minggu (23/07/2023) pagi. Telah dilaksanakan Apel Gelar Pengamanan sebagai kesiapan dalam menghadapi pengamanan, bertempat di Pendopo drh. Soepardi, Sawitan, Mungkid, Kabupaten Magelang.

Sebanyak 593 personel Polri dari Polresta Magelang, dibantu 1 Tim dari Jibom Gegana Sat Brimobda Polda Jateng, 1 Pleton TNI Kodim 0705/ Magelang, 1 Pleton Satpol PP. Serta 1 Pleton Dishub dan juga dari Damkar Kabupaten Magelang turut dilibatkan dalam pengamanan kegiatan ini.

“Hari ini adalah hari terakhir rangkaian Indonesia Tipitaka Chanting & Asalha Mahapuja 2567 BE/2023, yang ditandai dengan prosesi jalan kaki dari Candi Mendut ke Candi Borobudur. Diperkirakan jumlah peserta mencapai 5.000 orang. Sehingga diharapkan para personel dapat melaksanakan tugasnya dengan baik,” ujar Kombes Pol Ruruh.

Apel Kesiapan Pengamanan. (foto: Iwan SJ)

Kabag Ops Polresta Magelang Kompol Eko Mardiyanto, S.H., M.A.P., mengungkapkan rasa syukur atas terlaksananya Apel Kesiapan Pengamanan Indonesia Tipitaka Chanting & Asalha Mahapuja.

“Terima kasih atas dedikasi dan semangat para personel yang telah hadir, dan saya mengajak rekan-rekan untuk menerjemahkan rasa syukur tersebut dalam pelaksanaan tugas dengan baik,” ucapnya.

“Saya berharap kepada seluruh personel untuk berfokus pada tiga sasaran pengamanan, yaitu kegiatan acara, tempat dan perlengkapan, serta warga masyarakat,” imbuhnya.

Kabag Ops Polresta Magelang juga mengingatkan tentang perlunya antisipasi mengingat hari ini merupakan hari libur. Sehingga masyarakat yang akan turut serta memeriahkan kegiatan ini pasti akan membludak.

“Pimpinan menyatakan bahwa target pengamanan yang harus dicapai adalah keamanan dan keselamatan bagi peserta, petugas, dan masyarakat. Setiap kendala atau masalah yang muncul di lapangan harus segera dilaporkan agar dapat ditindaklanjuti dengan cepat,” tandas Kompol Eko Mardiyanto.

Kapolresta Magelang juga mengajak kepada seluruh personel untuk melaksanakan tugas dengan semangat, penuh tanggung jawab, dan ikhlas.

“Setelah Apel Kesiapan Pengamanan selesai, dilanjutkan Tactical Floor Game (TFG), semoga pelaksanaan kegiatan ini dari awal hingga akhir dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses,” pungkas Kapolresta Magelang Kombes Pol Ruruh. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.